Laman

Senin, 20 Juni 2011

YASIN DAN TAHLIL

Assalamualaikum.

Ada beberapa hadist Nabi yang menerangkan tentang keutamaanya surat YASIN:
Rasululloh saw. bersabda:"segala sesuatu memiliki hati, dan hati al-Quran itu adalah surat yasin siapa saja yang membaca surat yasin maka Alloh akan mencatat pahala baginya sama dengan membaca al-Quran sepuluh kali (H.R.Darimi,tirmizi,dari anas).

Rasululloh saw. bersabda:"siapa saja yang membaca surat yasin setiap malam, niscaya dosa dosanya di ampunin."
(H.R.Baihaqi,dari abu hurairah).

Rasululloh saw. bersabda:"setiap mayat yang di bacakan disampingnya surat yasin,Alloh akan memberikan keringanan (azab) kepadanya."
( H.R.Abu nu'aim dan Abu Dzar).

Rasululloh saw bersabda:" siapa saja yang menziarahi kubur kedua orang tuanya,atau salah seorangnya,setiap hari jum'at seraya membaca surat yasin disampingnya,niscaya Alloh mengampuninya selaras dengan jumlah huruf yang di bacanya."
(H.R. Abu syaikh,Dailami,Ibnu hajjar,dan Rafi'i dari 'Aisyah,dari Abu bakar).

Secara umum, berzikir itu diperintahkan sebagai bagian dari ritual ibadah. Termasuk membaca beberapa ayat dan surat Al-Quran, mengucapkan lafaz LAILAHA ILLALLAH, berisitghfar dan seterusnya. Semua itu memang punya landasan syar`i.
ada banyak riwayat yang menyebutkan tentang majelis zikir atau zikir berjamaah. Sehingga berkumpulnya orang-orang khusus untuk berzikir kepada Allah SWT punya landasan syariah yang jelas dengan berdasarkan hadits shahih. Salah satunya adalah hadits riwayat imam Muslim berikut ini :
Dari Abi Hurairah ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,�Tidaklah suatu kaum duduk untuk berzikir kepada Allah SWT di dalam majelis itu kecuali malaikat akan menaunginya dan mencurahkan mereka dengan rahmah dan Allah akan menyebutkan mereka kepada siapa yang disisi-Nya�. (HR. Muslim).

Secara zahir, hadits ini menyebutkan tentang sebuah kaum yang berkumpul untuk berzikir. Jadi tidak harus dilakukan sendiri-sendiri. Demikian juga makna hadits ini menyebutkan zikir, yang maknanya adalah melafazkan zikir dengan lisan. Jadi orang-orang sengaja datang berkumpul bersama dan melafazkan zikir dengan lisan mereka.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar